Bassist yang memilih Bersolo-karier sebagai Penyanyi

Beberapa penyanyi yang kita kenal sekarang ini sebenarnya adalah seorang bassist ataupun mantan bassist. Suara mereka pun tak kalah dengan penyanyi-penyanyi asli. Tak heran karena mereka di tuntut untuk bisa sebagai backing vocal atau palahan menjadi penyanyi utama. Kebanyakan dari mereka memiliki ciri khas suara yang lain dari yang lain. Beberapa yang akan kita bahas adalah : Chrisye, Erwin Gutawa, Arthur Kaunang, Sting, dan Paul McCartney.

  1. Chrisye, adalah penyanyi pop legendaris yang kita miliki. Pria yang terlahir dengan nama Christian Rahadi itu mengawali

    Chrisye bersama Gipsy

    karir sebagai bassist grup band Gipsy. Dan juga mengawali karir sebagai penyanyi pada tahun 1977 yang pada saat itu diminta Prambors untuk menyanyikan lagu Lilin-lilin Kecil ciptaan James F. Sundah yang memenangi lomba cipta lagu remaja. Dan setelah itu ia mulai terkenal dan hingga menjadi Legenda Musik Indonesia. Dalam menyanyi ia mempunyai ciri khas yaitu suaranya yang serak-serak lembut yang mengalun dengan  permainan lagu dan bassnya. Sayang sang legenda sudah tiada akibat penyakit kanker paru-paru yang dideritanya.

  2. Erwin Gutawa, adalah komponis, penata musik, dan konduktor yang sangat terkenal di Indonesia. Pertama kali, dia bermain di beberapa film tahun 70an. Dan sekitar tahun 80an, musisi kelahiran 16 Mei 48 tahun yang lalu menjadi Bassist di orkes Telerama pimpinan Isbandi. Kemudian ia bergabung dengan Karimata, grup Jazz fusion. Walaupun Erwin tidak sebagai penyanyi, saya memasukannya karena karirnya sebagai komposer, konduktor, dan penata musik lebih terkenal dibanding karirnya sebagai pemain bass.
  3. Arthur Kaunang, adalah penyanyi, keyboard dan bassist grup band tahun 70-90 an, SAS bersama dua rekannya. Arthur bernyanyi dengan sangat mengerti nada-nada yang dinyanyikan dalam liriknya, dan bisa menyesuaikan dengan permainan bassnya sambil bernyanyi. Arthur pun memiliki ciri khas dalam bernyanyi. Keselarasan antara permainan bassnya dengan beryanyi membuatnya berbeda.
  4. Konser solo Paul McCartney

    Sting, yang satu ini sudah bukan dari dalam negeri. Sting atau Gordon Matthew Thomas Sumner adalah seorang penyanyi yang beraliran reggae, new wave, dan jazz. Terlihat kental sekali pada lagu ‘Englishman in New York’. Jika anda dengar, lagu buatannya itu terdengar seperti lagu reggae yyang dipadukan dengan new wave. Di dalam bernyanyi dia selalu bermain dengan bassnya dengan tanpa salah walaupun sambil menyanyi. Suaranya pun sangat enak didengar yang semi nge-rock serak. Sebelum berkarir solo, dia adalah vokalis merangkap bassist dari grup band yang belarian sama dengan dirinya yaitu The Police, yang pastinya sudah anda ketahui.

  5. Paul McCartney, adalah yang terakhir yang akan kita bahas. Semua pasti sudah tahu dengan Paul Mc Cartney, bassist TheBeatles yang beraliran Rock, pop. Meskipun semasa kecil orang tuanya hanya seorang buruh, tetapi ia berniat besar di bidang musik dan sekarang dia menjadi orang terkenal di seluruh dunia. Setelah kematian John Lennon, vokalist The Beatles, mereka pun berpisah dan Paul melanjutkan karir solonya sebagai penyanyi belajar dari saat bersama dengan The Beatles. Saat konser reuni Beatles pun yang bernyanyi adalah Paul sekaligus bermain bass. Penggemar Paul pun termasuk banyak dalam bernyanyi.
Nah, itulah beberapa dari banyak bassist hebat yang merangkap vokalis. Sebenarnya, masih banyak yang lain seperti Mark King (Level 42), Geddy Lee (Rush), dll. Tapi saya kira cukup beberapa saja yang perlu di bahas. Terimakasih …

About puguh3116

Music-Politic-Science-Language

Posted on April 29, 2011, in Music and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: